Definisi Cinta (Road to Valentine)

Definisi Cinta (Road to Valentine)

Siapa sih yang bisa mendefinisikan cinta dan yakin itu mutlak benar?

Setiap orang punya definisinya masing-masing soal cinta.

Seakan tak habis obrolannya ketika temanya tentang cinta.

Coba deh, tanyakan pada Anak Baru Gede (ABG) yang sedang jatuh cinta. Untuk mereka defenisi cinta tentu saat bisa quality time atau ada waktu jalan bareng dan sedikit bersentuhan tangan. Jika momentnya pas, boleh dapat sedikit kecupan (setidaknya ini definisi cinta ABG zaman kami; tidak perlu ada pertanyaan lanjutan juga tentang kapan itu, hehe).

Bertanyalah pada seorang ayah, apa itu cinta. Maka yang akan dia berikan sebagai jawaban adalah perlindungan dan pelukan hangat tanpa kata.

Tanyakan soal cinta kepada dia yang tidak pernah sempat ungkapkan cintanya. Maka dia akan bercerita tentang sebuah ruang rahasia yang dibangun terpisah dalam hatinya dan terkunci. Sesekali ruang itu akan dibuka, melihat semua kenangan dan menikmatinya dalam keheningan.

Definisi cinta untuk seorang pekerja sosial adalah surge; tempat dimana semua orang dihargai tanpa sekat gender, fisik, ekonomi, warna kulit atau apapun itu. Bisa juga dia akan menjawab bahwa cinta adalah kebebasan untuk berpikir dan bertindak atas nama diri sendiri sebagai pribadi.

Setiap orang akan mendefinisikan cinta secara berbeda tergantung pada apa yang dirasakan saat itu.

Definisi cinta tak melulu romantis, kadang ada kemarahan di dalamnya. Karena cinta juga tidak selalu tentang keindahan. Kesusahan dan pedih kadang datang bersama atas nama cinta.

Sulit sekali menemukan kalimat atau definisi yang sama tentang cinta, padahal begitu banyak pujangga dan penulis yang coba mendefinisikannya.

Sebut saja Shakespeare sampai Dan Brown, akan banyak ditemukan kutipan tentang cinta dalam tulisan-tulisan mereka. Konon juga katanya musik adalah bahasa cinta yang bisa menembus semua definisi tentangnya.

Dan Brown dalam Origin mengatakan bahwa cinta adalah perkara pribadi, dunia tidak perlu tahu detailnya. Namun apa yang dilakuan Jhon Lennon ketika jatuh cinta kepada Yoko Ono adalah menceritakan detail cintanya dalam lagu. Salah satunya dalam lagu yang berjudul Woman. Bahkan mereka pun tak bisa menyatukan pendapatnya kan?

Saya akhirnya memutuskan berhenti mencoba sok-sokan mendefinisikan cinta. Rindunya, sakitnya, indahnya, marahnya, penantiannya; apapun yang dibawanya serta. Nikmati saja semua.

Just sit back, relax and enjoy it.
Seduh kopimu, nikmati musik dan lagumu.
Kata kopi dan lagu-laguku; cinta tak butuh kalimat panjang definisi, cukup diresapi dan dinikmati maka cinta akan memancar sempurna.

Salam dari Borong

One comment

Komentar